Kulit Kesat Merupakan Tanda Dari Kulit Kering

By | 23 January 2016

Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa kulit terasa kesat sesudah mencuci wajah adalah merupakan tanda bahwa kulit sudah benar-benar dalam keadaan bersih dari minyak dan kotoran yang akan membuat wajah berkomedo dan berjerawat. Sedangkan kulit yang masih terasa licin dan berminyak di anggap belum bersih dan masih perlu untuk di bersihkan kembali. Apakah pendapat  demikian benar? Dibawah ini penjelasannya.

Para ahli di dalam bidang kesehatan mengungkapkan bahwa kulit yang terasa kesat sesudah anda melakukan pencucian wajah adalah tidak baik, hal ini di kerenakan kesatnya kulit merupakan tanda minyak alami yang ada di kulit ikut luntur oleh pencuci wajah yang anda gunakan.

Kulit Kesat Merupakan Tanda Dari Kulit Kering

Kelenjar minyak yang ada di kulit berguna untuk memproduksi minyak(sebum) untuk selalu menjaga kelembapan dan membintingi kulit dari gangguan lingkungan luar. Salah dalam memilih pembersih wajah bukan hanya membuat kotora yang ada di wajah bersih, akan tetapi minyak alami kulit juga ikut menghilang. Pada akhirnya kulit akan terasa kesat, kering, mengelupas dan membuat iritasi.

Pembersih yang benar ialah kulit menjadi terasa kenyal, lembut, tidak kesat dan kencang seperti tertarik, setelah anda membersihkan wajah.

Behati-Hatilah Di Dalam Memilih Produk Pembersih Wajah

Tidak boleh sembarangan di dalam memilih produk wajah yang akan anda gunakan. Pada umumnya pencuci wajag yang membuat kulit kesat adalah pembersih yang mengandung sabun yang terbuat dari lemak hewan dan kaustik soda  yang mempunyai pH alkali (basa).

Pencuci wajah yang baik adalah pencuci wajah yang mempunyai pH asam yang sesuai dengan pH kuli, ialah sebanyak 5,5. Bila anda menggunkan produk yang mempunyai pH 5,5, kelembapan kulit akan terjaga, kerena minyak alami tidak hilang saat melakukan pencucian wajah.

Dan hal yang perlu anda perhatikan adalah produk yang anda pilih tidak mengandung pewangi dan alkohol, kerena zat tersebut akan menyebabkan iritasi, lebih lagi kulit anda kering dan sensitif. Bagi kulit sensitif lebih baik menggunakan produk yang mengandung zat yang dapat membuat kulit wajah menjadi tenang, seperti kamomil, ter hijau dan lidah buaya.

Itulah beberapa penjelasan kulit kesat dan cara mengatasinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *