Lingkungan Sangat Penting Untuk Pertumbuhan Anak

By Wardah | 18 November 2017

Sejak anak masih di dalam kandungan, lingkungan sudah dapat mempengaruhi tumbung kembang buah hati kita. Bila mana anak terkena zat atau penyakit yang berbahaya, semisal infeksi, alkohol, dan obat-obatan, di takutkan akan terjadi tumbuh kembang yang abnormal dari janin.

Memang tidak di pungkiri bahwa genetik tetap menjadi yang terpenting di dalam perosisi perkembangan anak. Akan tetapi lingkunga juga sangat berperan penting di dalam perkembangan anak kita.

Para peneliti menjelaskan, anak yaang terahir di keluarga yang sama, akan tetapi cara membesarkannya yang berbeda, akan mempunyai perbedaan pula di dalam kecerdasan dan performa akademik.

Lingkungan Sangat Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Anak mempunyai seratus miliar sel saraf yag nantinya akan membentuk sinaps atau sambungan di antara sel-sel saraf. Anak akan semakin cerdas bilaman semakin banyak mempunyai sinaps. Cara membentuk sinaps adalah anak harus cukup di dalam mendapatkan stimulasi dari lingkungan.

Orang tua bisa memberikan kasih sayang sebagai awal untuk memberikan stimulasi kepada anak. Bila mana anak tumbuh di keluargan yang kasih sayang terhadap dirinya, anak nantiya akan menjadi orang yang percaya diri, mandiri, emosional yang lebih baik, dan berperilaku yang baik.

Selain yang demikian, orang tua juga berperan penting dalam perkembangan anak dengan selalu memberikan sarapan yang sehat dan merangsang perkembangan otak anak. Bila gizi anak tercukupi tentu akan membuat anak lebih mudah menangkap pelajaran di sekolah. Bila mana anak kekurangan gizi, anak akan mudak lemas, mudah lelah, sulit berkonsentrasi, mudah sakit, sehingga akan membuat studi anak terhambat.

Selain itu, orang tua juga harus selalu mendukung pergaulan anak yang baik dan juga sehat. EQ anak akan terpupuk dengan bersosialisasinya anak dengan orang banyak, sehingga akan membantunya dalam menghadapi dunia kerja kelak.

Dengan mengenalkan anak kepada buku juga sangat penting di dalam membuat anak lebih cerdas. Dengan membaca anak akan lebih banyak pengetahuan dan lebih membuka kreativitas anak

Itulah beberapa yang perlu orang tua lakukan untuk membuat buah hatinya lebih berkembang di masa akan datang. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *