Manfaat Buah Jengkol Bagi Kesehatan Anda Dan Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Di Ketahui

By | 25 September 2015

Ketika kita di dengarkan dengan nama jengkol, maka yang tersirat di benak kita iyalah buah yang mempunyai bau yang menyengat. Jengkol memang mempunyai bau yang menyengat sehingga tak sedikit orang yang enggan makan atau sekedar mencicipi buah ini. Jengkol bukan hanya buah yang tidak di sukai, ternyata banyak juga orang yang tergila – gila dengan buah yang beraroma khas ini. Bukti buah jengkol banyak peminatnya, banyaknya rumah makan yang menyediakan masakan yang berbahan dasar buah ini. Jengkol bukan hanya lezat tapi jengkol juga banyak khasiatnya, banyak manfaatnya bagi tubuh, dan ternyata jengkol juga baik bagi ibu hamil, mencegah tulang keropos, mengatasi penyakit jantung koroner, dan berbagai macam lagi manfaat buah jengkol yang dimilikinya.

Kandungan Yang Ada Di Buah Jengkol

Jengkol bukan hanya makanan yang lezat, tapi jengkol juga banyak mempunyai kandungan, mulai dari vitamin, nutrisi, dan di buah jenkol juga terdapat senyawa kimia yang alami yang beguna bagi kesehatan tubuh ketika di konsumsi secara teratur . Vitamin yang tekandung di buah jengkol iyalah vitamin A, vitamin B1, B2, B6,B12, dan vitamin C. Vitamin A yang terkandung di buah jengkol berguna untuk menjaga kesehatan mata dan juga dapat menajamkan indra penglihatan, dan nutrisi yang di kandung buah jengkol antara lain zat besi, kalsium dan fosfor yang penting bagi kesehatan tubuh.

manfaat Buah Jengkol Bagi Kesehatan Anda Dan Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Di Ketahui

Jengkol   Bermanfaat Bagi Tubuh

Jengkol bukan hanyak enak dimasak tapi ternya jengkol juga banyak menfaatnya untuk tubuh. Banyak orang yang suka makan jengkol tapi ternyata tidak banyak orang yang mengetahui manfaat jengkol. Di bawah ini ada beberapa manfaat jengkol untuk tubuh kita.

Dapat Mengontrol Kadar Gula

Jengkol juga bisa mengonrtol kadar gula darah, kerna fruktosa yang terdapat pada aliran darah akan terurai dengan baik, maka tidak akan terjadi penumpukan gula di dalam tubuh anda yang berlebihan . Kerena jengkol mampun mengontrol kadar darah, maka orang yang terkena diabetis sangat baik untuk mengkonsumsi buah ini. kenapa jengkol baik bagi orang yang terkena diabetes? kerna zat gula pada jengkol mudah diurai, sehingga jengkol aman bagi orang yang mengidap penyakit diabetes.

Dapat Mencegah Diabetes

Siapa sih yang mau terkena diabetes. Setengah  keajaiban atau manfaat yang ada pada buah jengkol dapat terhindar dari penyakit diabetes, di kerenakan jengkol mengandung asam (asam jengkolat) dan mineral, namun asam jengkolat bentuknya seperti kristal sehingga tidak mudah larut terhadap air. Dan susahnya larut asam jengkolat di jadikan alasan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi jenkol, atau orang yang terkena penyakit gagal ginjal, kerna di khawatirkan ginjal tidak akan mampu untuk menyaring asam yang ada di buah jengkol, sehingga anda mengalami susah berhenti buang air kecil.

Agar Tidak Anekia

Ternyata jengkol juga bisa mencegah terkena anemia, ini di kerenakan jengkol banyak mengandung zat besi. Orang yang kekurangan zat besi, produksi sel-sel darah merahnya akan berkurang, dan ini berakibat berkurangnya suplai oksigin dan zat-zat makan yang di butuhkan oleh tubuh, sehingga mengakibatkan fungsi/ kenerja sel menurun. Orang yang kekurangan zat besi dia akan merasa lemas, tidak bersemangat dan mudah lelah. bila anda kekurangan zat besi maka cobalah untuk mengkonsumsi jengkol, kerna jengkol kaya akan zat besi dan akan menutupi zat besi anda yang hilang.

Baik Untuk Penderita Jantung Koroner

Jengkol juaga bermanfaat bagi orang yang mengidap penyakit jantung koroner. ini di kerenakan buah jengkol memiliki diuretic atau pembuangan urin menjadi lancar, dan menjadi lancarnya pembuangan urin sangat baik bagi orang yang mengalami penyakit jantung koroner.

Menghilangkan Radikal Bebas

Sudah di jelaskan di atas bahwa sebahagian yang di kandung buah jengkol ialah vitamin A dan vitamin C. Ternyata dua vitamin ini berperan sebagai antioksidan, sedangkan antioksidan sendiri dikenal ampuh untuk menangkal zat – zat radikal bebas, penyebab terkenanya penyakit kangker.

Melebarkan Kembali Pembulu Darah Yang Sempit

Ternyata jengkol juga dapat melebarkan pembulu darah yang menyempit yang di sebabkan penyakit jantung. Mineral yang terkandung di buah jengkol yang membuat pembulu darah melebar kembali serta mencegah pembulu darah untuk menyempit kembali. agar manfaat jengkol optimal, maka jangan memasak jengkol terlalu matang atau overcooked.

Manfaat Jengol Bagi Ibu Hamil

Jengkol ternyata juga bermanfaat <a href=”https://www.cheapoakleysunglasseshop.com/” target=”_blank”>cheap oakleys sunglasses bagi ibu yang sedang hamil. Jadi bagi ibu yang sedang hamil jangan kuatir atau takut memakan jenagkol pada waktu kehamilam, ternyata jengkol tidak membahayakan bahkan jengkol bermanfaat bagi ibu dan kandungan.

Menagatasi Sembelit

Jengkol juga bisa melancarkan sembelit. Sebelit memang sering di alami ibu yang sedang mengandung . jengkol bisa menghilangkan sembelit di karenakan jengol mempunyai banyak kandungan serat. serat yang ada pada jengkol mampu melancarkan buang air, dan melancarkan pencernaan. Akan tetapi bagi ibu hamil juga jagan terlalu banyak mengkonsumsi jengkol, tapi hanya secukupnya saja.

Membantu Pertumbuhan Tulang Dan Gigi Janin

kita sudah mengetahui bahwa buah jengkol tinggi kandungan kalsium dan fosfornya. Pertumbuhan tulang dan gigi janin akan berjalan optimal berkat besarnya kandungan kalsium dan fosfor di dalam buah jeengkol.

Mencegah Cacat Pada Bayi

Jengkol juga bisa mencegah cacat keda bayi yang berada di dalam janin, desebabkan jengkol kaya akan asam folatnya. Asam folat inilah yang dapat mencegah kecacatan pada bayi.

Itulah sebagian dari manfaat buah jengkol. Walaupun jengkol banyak mempunyai manfaat, namun hendaknya tetap di batasi, yaitu hanya 3 sampai 10 gram perhari, kerna bila anda terlalu banyak makan jengkol akan susah buag air kecil dan di sertai rasa nyeri, kalu sudah begini maka perbanyaklah untuk meminum air putih. ini akhir dari tulisan saya semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *