Manfaat dan Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

By | 28 August 2014

Daun salam merupakan jenis daun yang banyak digunakan sebagai penyedap makanan alami. Hampir semua makanan khas Indonesia melibatkan daun salam untuk membuat aroma masakan menjadi semakin sedap. Selain digunakan sebagai penyedap makanan, daun salam juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional. Apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan kita sehingga daun ini banyak dilibatkan dalam pembuatan jamu tradisional? Berikut akan saya berikan ulasan lengkap mengenai manfaat dan khasiat daun salam bagi kesehatan kita.

Manfaat dan khasiat daun salam yang pertama adalah mengatasi penyakit diare. Untuk mendapatkan manfaat ini caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu meminum air rebusan daun salam yang ditambahkan dengan sedikit garam. Minumlah dalam keadaan dingin rutin Jerseys setiap 2 kali sehari sewaktu anda mengalami diare. Selain mengobati diare, ramuan tersebut juga mampu menurunkan kadar asam urat dan menghilangkan bau badan tidak sedap.

Manfaat dan Khasiat Daun Salam

Manfaat dan khasiat daun salam yang kedua adalah untuk menurunkan berat badan. Daun salam merupakan salah satu bahan baku pembuatan jamu penurun berat badan. Kandungan serat didalam daun ini mampu memberikan rasa kenyang pada perut sehingga secara tidak langsung anda dapat menekan jumlah konsumsi terhadap makanan tinggi kalori.

Manfaat dan khasiat daun salam yang berikutnya adalah sebagai pereda rasa nyeri pada perut. Minuman yang dibuat dari daun salam akan membuat perut anda menjadi nyaman. Selain dapat menghilangkan rasa nyeri, minuman daun salam juga ampuh untuk mengatasi kembung dan penyakit maag.

Manfaat yang keempat adalah sebagai obat batuk. Untuk mendapatkan manfaat ini anda perlu meracik daun salam menjadi sebuah jamu tradisional. Bahan yang perlu anda persiapkan adalah 2 gelas air, madu murni secukupnya, 20 lembar daun salam yang sudah dikeringkan dan air perasan lemon. Cara membuatnya sangatlah sederhana, anda hanya perlu mencampur semua bahan kemudian merebusnya. Tunggu hingga airnya berkurang separuh kemudian dinginkan. Masukkan kedalam tempat yang kedap udara kemudian simpan didalam kulkas. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 atau 3 sendok makan saja settiap hari ketika anda sedang batuk.

Demikian ulasan mengenai manfaat dan khasiat daun salam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *