Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan

By Wardah | 5 June 2017

Sirih merupakan tumbuhan menjalar yang banyak ditemukan dinegara kita. Sirih memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat kita lihat dengan jelas melalui warna daunnya. Ada sirih berdaun merah, berdaun hijau dan lain-lain. Dari berbagai jenis tanaman sirih, yang paling sering kita temui adalah sirih berdaun hijau. Faktanya, sirih jenis ini memang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga cepat berkembang apabila ditanam.

Dari tumbuhan sirih, bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah bagian daunnya. Daun dirih memiliki banyak kegunaan terutama pada bidang kesehatan. Apa saja kegunaan daun sirih untuk menjaga kesehatan? Berikut akan saya sampaikan ulasan singkat mengenai manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dan khasiat daun sirih yang pertama adalah untuk menghilangkan bau tidak sedap pada organ intim wanita. Bau tidak sedap pada organ intim wanita pada umumnya disebabkan oleh bakteri keputihan. Jika kondisinya sudah parah, keputihan yang menimbulkan bau tersebut akan menimbulkan rasa gatal pada area vagina. Namun, anda tak perlu khawatir karena kini daun sirih mampu mengatasinya. Bahan yang perlu anda persiapkan adalah daun sirih dan air putih.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Cara membuatnya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih kedalam air putih hingga mendidih. Jika sudah, angkat kemudian biarkan agar dingin. Gunakan air rebusan daun sirih tadi untuk menyeka organ intim anda. Lakukan rutin setiap hari saat selesai buang air kecil dan saat mandi. Setelah beberapa hari, bau dan rasa gatal tersebut akan menghilang dan anda akan merasa nyaman.

Manfaat dan khasiat daun sirih yang kedua adalah untuk menghentikan mimisan. Mimisan biasa terjadi ketika seseorang kelelahan. Cara mengatasi mimisan dengan menggunakan daun sirih sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Caranya adalah dengan menggulung daun sirih sebesar batang rokok kemudian menyumbatkannya pada lubang hidung yang mengalami mimisan. Ingat bahwa jangan pernah menyedot mimisan dengan cara menarik nafas. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari masuknya darah kedalam paru-paru.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat dan khasiat daun sirih yang berguna bagi kesehatan. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *