Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

By Wardah | 3 June 2017

Tumbuhan sirsak merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman sirsak merupakan salah satu jenis tumbuhan yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia tak terkecuali daunnya. Daun sirsak adalah salah satu bagian tanaman sirsak yang dapat memberi manfaat bagi manusia terutama pada bidang kesehatan. Apa saja manfaat dan khasiat daun sirsak bagi kesehatan tubuh manusia? Berikut akan saya berikan ulasan lengkapnya.

Manfaat dan khasiat daun sirsak yang pertama adalah sebagai obat sakit pinggang. Sakit pinggang pada umumnya diderita oleh para pekerja berat. Meski begitu, bukan berarti orang yang bekerja dikantor tidak pernah mengalaminya. Nah, mulai sekarang anda tak perlu bingung tentang obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini karena daun sirsak sudah mampu mengatasinya.

Bahan yang anda perlukan untuk membuat ramuan ini adalah 20 lembar daun sirsak dan 5 gelas air putih. Mula-mula, cuci daun sirsak hingga bersih agar terhindar dari debu dan kotoran yang menempel. Kemudian rebus daun tersebut hingga mendidih dan airnya bersisa kira-kira 3 gelas saja. Minum ramuan ini sebanyak ¾ gelas setiap sehari hingga rasa nyeri pinggang menghilang.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak

Manfaat dan khasiat daun sirsak yang berikutnya adalah untuk mengobati bisul. Bisul merupakan penyakit kulit yang cukup membuat anda tidak nyaman karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Namun, anda tak perlu khawatir akan keberadaan bisul ini dalam jangka waktu yang lama karena sekarang anda dapat dengan cepat menyembuhkannya dengan memanfaatkan daun sirsak. Caranya-pun sangat sederhanaa, yaitu dengan mengambil beberapa helai daun sirsak yang masih muda, kemudian menumbuknya hingga halus. Letakkan hasil tumbukan daun sirsak muda tersebut diatas bisul dan bisul anda akan segera mengering.

Tak hanya sampai disitu, daun sirsak juga memiliki peran penting dalam pencegahan penyakit kanker, penyembuhan ambaien, meringankan penyakit rematik, menurunkan suhu tubuh ketika demam, dan mengobati penyakit liver. Selain dapat menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut dengan waktu yang cepat, daun sirsak juga tidak memiliki efek samping buruk bagi tubuh. Karena itulah, ramuan daun sirsak sangat dianjurkan bagi anda yang menderita penyakit diatas. Semoga dengan beberapa manfaat dan khasiat daun sirsak di atas dapat bermanfaat bagi kesehatan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *