Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan

By | 10 April 2014

Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah madu dimana cairan tersebut sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Keberadaan madu nyatanya sangat penting bagi manusia karena madu dapat mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Apa saja manfaat madu bagi tubuh kita? berikut akan saya sampaikan ulasan tentang manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan.

Manfaat dan khasiat madu yang pertama adalaah sebagai obat perangsang pertumbuhan jaringan. Perlu anda ketahui, bahwa madu mengandung propolis, enzim, vitamin, mineral dan serbuk sari dalam jumlah yang besar. Kandungan-kandungan itulah yang berperan dalam meragsang pertumbuhan jaringan baru setelah jaringan sebelumnya rusak. Biasanya, kerusakan jaringan terjadi akibat adanya luka dikulit kita.

Manfaat dan khasiat madu yang kedua adalah menjaga serangan radikal bebas. Madu mengandung kadar anti-oksidan yang sangat tinggi sehingga membuatnya mampu menjaga tubuh manusia dari serangan radikal bebas. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa jenis anti-oksidan yang dikandung oleh madu tidak ditemukan pada jenis bahan makanan lain. karena itulah, madu memiliki peran yang kuat dalam hal menjaga tubuh kita dari serangan radikal bebas.

Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Manfaat dan khasiat madu yang berikutnya adalah sebagai penghalus kulit. Memiliki kulit yang halus tentu merupakan keinginan setiap orang. Dan ternyata, kulit halus tersebut dapat anda peroleh dengan cara yang sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi madu. Perlu anda ketahui didalam madu mengandung kandungan asam glukonat dan asam organik lainnya yang memiliki peran penting dalam menjaga elastisitas kulit, menghambat proses penuaan kulit dan juga mengurangi minyak pada kulit wajah. Karena itulah, baagi anda yang menginginkan kulit yang halus, konsumsilah madu rutin setiap hari setidaknya 1 sendok makan.

Manfaat dan khasiat madu yang ke-empat adalah untuk menyembuhkan penyakit pernafasan. Madu mampu menyembuhkan penyakit kronis pernafasan seperti ronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis serta penyakit pernafasan lainnya.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat madu yang dapat kami sampaikan dan tentunya sangat berguna bagi kesehatan manusia. Sebenarnya masih banyak khasiat dan manfaat lain dari madu selain beberapa di atas, mungkin dilain waktu akan kita lanjutkan ulasannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *