Manfaat dan Khasiat Tomat Bagi Kesehatan

By | 30 June 2014

Tomat merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk bahan baku minuman atau campuran bumbu masakan. Rasanya yang manis asam membuatnyaa segar dinikmati dalam bentuk jus. Tomat memiliki beragam khasiat yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Bahkan, beberapa produsen obat sudah banyak yang menjadikan tomat sebagai bahan utama pembuatan produk mereka. Apa saja manfaat dan khasiat tomat bagi kesehatan manusia? Berikut akan saya sampaikan ulasan lengkapnya.

Manfaat dan khasiat buah tomat yang pertama adalah sebagai obat sariawan. Buah tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kadar vitamin C dalam buah tomat setara dengan kadar vitamin dalam buah jeruk. Vitamin inilah yang berperan penting untuk penyembuhan sariawan. Tak hanya menyembuhkan sariawan, tomat juga mampu menyembuhkan bibir pecah-pecah.

Manfaat dan khasiat tomat yang selanjutnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Perlu anda ketahui, tomat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan serat. Serat sendiri memiliki fungsi yang dominan dalam proses kelancaran pencernaan. Karena itulah, bagi anda yang tidak ingin terkena gangguan pencernaan, biasakan untuk mengkonsumsi tomat dalam bentuk segar maupun diolah menjadi jus.

Manfaat dan Khasiat Tomat

Manfaat dan khasiat tomat yang ketiga adalah untuk melindungi kulit dari kerusakan. Tomat merupakan buah yang kaya akan kandungan Likopen. Kandungan inilah yang mampu melindungi kulit anda dari kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai faktor terutama pancaran sinar matahari.

Manfaat dan khasiat tomat yang keempat adalah sebagai obat penguat tulang. Perlu anda ketahui, tomat merupakan buah yang mengandung banyak vitamin K. Vitamin K merupakan jenis vitamin yang berperan penting dalam melindungi tulang dari resiko keropos.

Manfaat dan khasiat tomat yang kelima adalah sebagai pencegah penyakit diabetes. Tomat mengandung kromium yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah didalam tubuh kita. Karena itulah, jika anda tidak ingin terkena penyakit ini usahakan untuk mengkonsumsi buah tomat segar setiap hari.

Demikian beberapa ulasan mengenai manfaat dan khasiat tomat bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *