Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

By Wardah | 5 July 2017

Tomat biasa digunakan untuk membuat sayur. Selain itu, terkadang tomat juga ada pada makanan berminyak, seperti tumis dan sambal. Lebih dari itu semua, tomat ternyata mengandung banyak sekali nutrisi baik bagi tubuh. Bahkan sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa tomat memiliki andil untuk mencegah puluhan jenis penyakit, termasuk jantung. Agar lebih mengetahui mengenai manfaat tomat untuk kesehatan, Anda bisa mempelajari ulasan singkat di bawah ini.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Mengurangi penyakit jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tufts and Boston University dan dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition, disebutkan bahwa tomat adalah asupan yang mengandung banyak lycopene. Kandungan tersebut mampu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan jantung koroner hingga mencapai 30%.

Kaya akan vitamin dan mineral

Manfaat tomat untuk kesehatan ada bukan tanpa alasan, namun karena para ilmuwan sudah meneliti bahwa salah satu jenis sayur dan buah ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral.

Bayangkan saja, dengan satu buah tomat, Anda akan mendapatkan kandungan vitamin A, B1, B3, B5, B6, B7, C dan K. Sedangkan untuk mineralnya sendiri diantaranya adalah zinc, kalium, zat besi, folat, fosfor, kolin, magnesium dan kromium.

Mengurangi dampak merokok

Tomat memiliki kandungan asam yang bernama asam chlorogenic dan coumaric. Kedua jenis zat asam ini berguna untuk melindungi tubuh dari paparan karsinogen yang timbul dari asap rokok.

Menjaga kesehatan pencernaan

Dengan mengkonsumsi tomat secara konsisten, pencernaan dan hati Anda akan terjaga kesehatannya. Selain itu, tomat juga dapat mencegah penyakit sembelit, terutama jika Anda mengolahnya menjadi jus bersama bayam.

Mencegah batu ginjal

Manfaat tomat untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai desinfektan untuk mencegah Anda terkena penyakit batu ginjal dan batu kandung empedu dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, tomat juga dapat dijadikan obat diare dan saluran kemih bagian bawah yang mujarab.

Menyehatkan rambut

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tomat mengandung banyak sekali jenis vitamin dan salah satunya adalah vitamin K. Vitamin jenis ini memiliki peran yng baik untuk menjaga penampilan serta tekstur dari rambut. Selain itu, vitamin K juga dapat berperan untuk mengokohkan ujung-ujung rambut, merivitalisasi serta meningkatkan kemilaunya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan mengkonsumsi tomat setiap hari, secara tidak langsung Anda telah memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Dengan begitu pula, tubuh Anda akan lebih sehat, kekebalan tubuh meningkat dan hormon stres dihambat. Bahkan banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus tomat dapat menghilangkan ketegangan.

Mengurangi risiko kanker prostat

Manfaat tomat untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan usus besar dengan seratnya yang melimpah, mencegah kanker prostat dengan kandungan alpha-tomatine dan mencegah kanker paru-paru. Selain itu, dalam beberapa jurnal disebutkan bahwa tomat juga dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *