Mengenal dan Cara Pencegahan Penyakit Jantung

By Wardah | 14 July 2017

Jantung merupakan salah satu organ pokok didalam tubuh manusia yang berperan memompa darah keseluruh tubuh guna mengedarkan oksigen dan nutrisi makanan yang akan digunakan sebagai bahan untuk proses metabolisme tubuh. Karena itulah, menjaga kesehatan jantung merupakan suatu keharusan yang wajib kita lakukan. Bukan tanpa alasan, namun nyatanya semakin hari jumlah kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung sudah semakin meningkat.

Aterosklerosis, merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang paling banyak memakan korban. Penyakit ini disebabkan karena penumpukan kolesterol dan protein didalam pembuluh darah. Karena keberadaan tumpukan kolesterol dan protein tersebut, akhirnya peredaran darah menjadi terhambat. Dan satu lagi yang perlu anda ketahui, yaitu bahwa aterosklerosis merupakan penyakit yang sangat berpotensi sebagai pemicu datangnya serangan jantung.

Mengenal dan Cara Pencegahan Penyakit Jantung

Penumpukan lemak pada satu arteri saja dapat menyebabkan serangan jantung secara tiba-tiba. Pada kondisi arteri dipenuhi oleh tumpukan lemak pada dinding-dindingnya, jantung akan meminta suplai oksigen lebih banyak dari biasanya. Karena kebutuhan tersebut tidak dapat terpenuhi, akhirnya jaringan didalam jantung akan rusak. Jika kerusakan ini semakin meluas, penderita kemudian akan meninggal.
Melihat bagaimana berbahayanya penyakit tersebut, sangat penting bagi kita untuk memahami bagaimana cara pencegahannya. Karena itulah, disini saya akan menjelaskan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah datangnya penyakit jantung. Berikut adalah cara-caranya :

1. Terapkan pola makan sehat

Pola makan sehat merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan jantung. Upayakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak. Hindari memakan gorengan, seafood dan makanan-makanan lain yang berminyak. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur karena kedua makanan tersebut mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

2. Stop rokok

Kebiasaan merokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Seperti tertera pada bungkusnya, rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya salah satunya adalah penyakit yang menyerang organ jantung.

3. Hindari stress

Ketika stres, hormon cortisol akan memicu perubahan tekstur pembuluh darah menjadi kaku. Kemudian, stres juga menyebabkaan hormon norepinephrine yang diproduksi menjadi pemicu terjadinya kenaikan tekanan darah. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan organ jantung hindarilah stress, refleksikan otak anda jika stress mulai anda rasakan.

Demikianlah uraian singkat tentang penyakit jantung. Semoga dapat memberi banyak manfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *