Mengenal Gejala Kanker Serviks dan Pencegahannya

By | 20 September 2015

Kanker serviks adalah penyakit yang menyerang organ rahim pada seorang wanita. Banyak sumber yang mengatakan bahwa penyakit ini menyerang wanita yang berusia 50 tahun keatas. Padahal, dalam kenyataannya wanita yang berusia kurang dari 50 tahun juga tak luput dari keganasan penyakit ini. Buktinya, banyak wanita muda di Indonesia yang meninggal karena kanker rahim. Untuk itu, anda perlu memahami tentang gejala penyakit kanker serviks. Berikut akan saya jelaskan mengenai gejala kanker serviks pada wanita.

Pendarahan

Ketika seorang wanita mengeluarkan banyak darah setelah melakukan hubungan intim, maka kemungkinan besar wanita tersebut sedang memasuki tahap awal gejala kanker serviks. Pendarahan ini akan disertai dengan rasa sakit yang luar biasa padahal hubungan intim yang ia lakukan bukanlah yang pertama kali.

Keputihan

Keputihan memang hal yang sering terjadi pada seorang wanita. Namun, keputihan yang keluar disertai bau busuk, bercampur darah dan keluar dalam jumlah yang berlebihan merupakan hal yang sangat tidak normal. Bahkan, keputihan yang seperti itu kemungkinan besar mengindikasikan adanya penyakit kanker serviks dalam rahim seorang wanita.

Mengenal Gejala Kanker Serviks dan Pencegahannya

Sakit saat buang air kecil

Wanita yang merasakan sakit saat buang air kecil juga merupakan gejala bahwa wanita itu mengalami kanker serviks.

3 gejala kanker serviks diatas bisa kita cegah dengan melakukan beberapa cara. Berikut adalah cara agar anda terhindar dari penyakit kanker serviks.

Hindari rokok

Rokok mengandung nikotin yang berbahaya bagi leher rahim rahim. Untuk itu, sebaiknya anda mengindari kebiasaan merokok.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C memiliki peran penting dalam memperbaiki kerusakan sel – sel yang berada didalam rahim. Karena itu, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk menjaga kesehatan rahim anda.

Pemilihan pembalut yang tepat

Untuk menghindari resiko kanker serviks, baiknya anda menggunakan pembalut yang bisa dicuci ulang. Pembalut yang seperti itu sudah banyak diperjual belikan di apotik. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun anda tidak perlu ragu membelinya karena itu demi kesehatan anda sendiri.

Itulah gejala kanker serviks beserta cara mencegahnya. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *