Merawat Sendi Bagi Orang Lanjut Usia

By Wardah | 4 September 2017

Sendi asalah struktur yang Oakleys ada di antara kedua tulang yang mempunyai bantalan dan cairan pelumas, agar memungkinkan tubuh untuk bisa bergerak dengan lancar dan mulus.

Akan tetapi dengan bertambahnya usia atau ada penyakit tertentu, struktur sendi yang mulus bisa digerogoti oleh proses peradangan. Hal tersebut dapat menimbulkan gejala radang sendi semisal nyeri, kaku, dan bengkak.

Masalah Sendih Pada Orang Lanjut Usia

Orang yang lanjut usia memang sudah menjadi masalah umum mengalami radang sendi. Radang sendi yang paling di alami orang yang usianya di atas 55 tahun adalah osteoartritis (OA).

Termasuk faktor yang  membuat seseorang mengalami OA adalah memiliki berat badan yang berlebih sehingga membuat sendi terbebani, keturunan, pekerjaan yang berat, seperti bertani atau berkebun dan pekerja konstruksi. Pada laki-laki, OA bisa terjadi di saat mereka berumur 45 tahun. Sedangkan perempuan, OA bisa terjadi di saat usia 50 tahun.

Merawat Sendi Bagi Orang Lanjut Usia

Selalu Berolahraga 

Orang yang memiliki radang sendi bukan berarti membuat mereka hanya berdiam diri, tidak lagi aktif dalam berolahraga. Namun orang yang sudah lanjut usia hendaknya tetap merawat dan memelihara sendi mereka dengan selalu aktif berolahraga dan beraktivitas.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa dengan rutin berolah raga,  kaku dan nyeri akan berkurang. Dan membuat fungsi dan mobilitas sendi meningkat, serta membuat kualitas hidup orang yang lanjut usia lebih berkualitas.

Orang yang lanjut usia di sarankan berolahraga dalam seminggu sebanyak 150 menit.

Sedangkan olahraga yang di anjurkan adalah olahraga yang ringan dan sedang, seperti main butu tangkis, tenis, berlari, renang, yoga dan berseperda. Selain itu, orang yang sudah lanjut usia juga bisa melakukan olahraga yang merguna untuk meeperkuat otot, seperi mengangkat barbel ringan.

Melakukan Diet

Orang yang memiliki berat badan sangat di anjurkan untuk menurunkan berat badan mereka agar beban sendi berkurang, dengan melakukan diet yang sehat.

Orang yang sudah lanjut usia di anjurkan mengonsumsi 1200 mg kalsium dan 400-800 IU vitamin D dalam sehari agar kesehatan sendi dan tulang tetap terjaga.

Itlah beberapa keterangan tentang merawat sendi bagi orang lanjut usia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *