Miras Oplosan Dapat Membunuh Dalam Sekejap

By Wardah | 14 February 2016

Begitu banyak miras oplosan beridar di daerah-daerah kita, baik yang di desa ataupun yang di kota. Sangat banyak zat berbahaya yang terkandung di dalam miras oplosan, salah satunya adalah zat methanol. Bahkan tidak sedikit bahan racikan yang sebenarnya membahayakan tubuh, bahkan sampai membuat nyawa melayang. Banyak yang menggemari miras oplosan sebagai alat untuk mabok, bukan hanya mudah di dapat, harganyapun juga terjangkau. Akan tetapi mereka tidak menyadari bahwa hal tersebut sangat membahayakan keselaman nyawa mereka.

Miras Oplosan Dapat Membunuh Dalam Sekejap

Bahaya Miras Oplosan

Sangat banyak efek yang di timbulkan dari miras oplosan, mulai dari kesadaran menurun, sampai mengancap keselaman diri sendiri. Di bawah ini penjelasan bahaya miras oplosan.

  • Depresi napas. Orang yang keracurang yang di sebabkan miras oplosan bisa mengalami gangguan di pernapasan, yang dapat membuat nyawanya malayang. Akibatnya napas menjadi tersengal-sengal dan semakin lambat, pada akhirnya pasien akan berhenti nafas dan detak jantungnya.
  • Mengalami gangguan asam basa darah, atau biasa di sebut dengan asidosis metabolik. Hal ini dapat mengancam keselamat pasien bila tidak di tangani dengan segera.
  • Gangguan pada penglihatan. Zat Methanol mempuyai efek toksik terhadap saraf mata. Orang yang mengalami gangguan pada penglihatan tidak bisa lagi menglihat sesuatu, yang di lihatnya hanya hitam. Gangguan tersebut sifatnya permanen, sehingga sulit untuk mengobatinya.

Cara Menangani Miras OPlosan

Cara menanganinya adalah dengan memeberikan terapi yang sifatnya suportif. Orang sale yang setelah meminum miras oplosan mengalami sesak napas dan penglihatan terganggu harus di tangani dengan serius. Dia harus segera di bawa keruang unit gawat darurat. Sedankan orang yang mengalami keracunan methanol yang cukup berat, bisa di tangani dengan melakukan cuci daran dan memberikan napas buatan dengan intubasi.

Setelah di jelaskan betapa miras oplosan sangat membahayakan kesehatan bahkan keselamatan nyawa anda, janganlah sekali-kali anda untuk meminum barang tersebut, walau hanya dengan setegok. Sayangilah diri dan keluarga anda dengan selelu memperhatikan kesehatan diri dan jiwa anda. Sekian dan semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *