Mungkinkah Diabetes Bisa Sembuh

By | 16 March 2016

Diabetes melitus merupakan kumpulan apsek gejala yang terdapat pada seseorang yang di kerenakan adanya peningkatan kadar glukosa darah yang di akibatkan kurangnya insulin baik bersifat absolut atau relatif. Sedangkan insulin adalah hormon yang akan membawa glukosa dari darah lalu masuk ke dalam sel-sel tubuh, dan di hasilkan oleh sel-sel beta di pankreas.

Mungkinkah Diabetes Bisa Sembuh

Deabetes sebenarnya bisa di cegah dengan melakukan pola hidup sehat. Akan tetapi diabetes merupakan kondisi menahun yang tidak bisa untuk di sembuhkan, namun bisa di kendalikan dan di kontrol dengan mengkonsumsi obat anti diabetes. Di bawa ini adalah jenis-jenis diabetes.

  • Diabetes melitus tipe 1. Diabetes ini di sebabkan destruksi sel beta, dan secara mutlak menjurus kepada defisiensi insulin. Yang menyebabkan ini ada dua macam autoimun dan idiopatik.
  • Diabetes melitus  tipe 2 atau di sebut dengan Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus. Diabetes ini di sebabkan oleh beberapa penyebab, pe nyebab pertama sensitifitas jaringan berkurang terhadap hormon insulin dan di sertai dengan kekurangan hormon insulin relatif, bahkan sampai dengan defisiensi insulin dominan.
  • Diabetes melitus gestasional. Diabetes ini terjadi di saat kehamilan.

Diabetes melitus bisa di kendalikan dengan mengatur makanan dan latihan jasmani selama kurang lebih 2-4 minggu. Bila kada glukosa darah belum sesuai dengan yang di targetkan, anda bisa melakukannya dengan intervensi farmakologis dengan obat yang menurunkan gula darah atau melakukan suntikan insulin.

Mengatur makanan bagi orang diabetes sama halnya dengan mengatur makanan bagi orang pada umumnya, yaitu mengkonsumsi makanan yang seimbang dan yang sesuai dengan kebutuhan zat gizi dan kalori masing-masing orang. Akan tetapi bagi penderita diabetes harus lebih memperhatikan jenis makanan, jadwalnya, dan jumlah makanan, lebih-lebih bagi orang yang mengkonsumsi obat penurun gula darah atau insulin.

Sedangkan aktivitas fisik bisa di lakukan 3-4 kali dalam semuggu dan harus teratur. Tujuan aktivitas fisik bukan hanya untuk menjaga agar tetap bugan, namun juga bertujuan untuk menurunkan berat badan dan untuk memperbaiki sesitivitas insulin sehingga gula darah dapat terkendali.

Sedangakan aktivitas fisik yang di anjurkan adalah yang bersifat aerobik, seperti berenag, berjalan santaim jogging, dan berjalan kaki.

Itulah beberapa penjelasan tentang diabetes. sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *