Obat Batuk tradisional Wedang Jahe dan Wedang Jeruk

By Wardah | 25 September 2014

Batuk merupakan penyakit yang sering timbul di saat pergantian musin terjadi, saat daya tahan tubuh seseorang sedang menurun, saat musim hujan juga sering terjadi penyakit batuk. Yang sering terkena penyakit batuk ini adalah anak kecil. Bagaimana bisa begitu, ini adalah karena daya tahan tubuh anak kecil memang masih lemah dan sangat rentan terkena penyakit seperti batuk.

Banyak sekali faktor yang memicu timbulnya batuk, seperti misalnya mengkonsumsi bahan makanan pemanis kimia, minum es dan masih banyak lagi. Apakah anda sering bingung untuk mengobati batuk secara alami? Nah kali ini akan saya bahas bagaimana cara mengatasi dengan menggunakan obat batuk tradisional?

Biasanya orang jaman dahulu menggunakan berbagai macam ramuan untuk mengobati penyakit batuk. Salah satu ramuan yang sangat manjur dan hingga saat ini masih digunakan adalah dengan menggunakan wedang jahe? Mungkin bagi anda yang hidup di pulau jawa, tidaklah asing dengan obat wedang jahe. Wedang jahe dibuat dari rempah-rempah yang disebut jahe. Cara membuatnya sangat mudah untuk dilakukan.

Obat Batuk tradisional

Anda perlu untuk menyiapkan beberapa ruas jahe, lalu cucilah hingga bersih. Setelah itu jahe di panggang, hingga agak layu dan suda tercium aroma jahe yang khas. Setelah itu jahe dikeprok. Keprokan jahe ditaruh dalam gelas dan di beri gula pasir. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan madu atau gual batu sebagai pemanisnya. Setelah itu tuangkan air mendidih ke dalamnya. Wedang jahe dapat diminum selagi hangat. Obat batuk tradisional ini terbukti cukup manjur untuk mengatasi batuk.

Ramuan lainnya yang baisanya juga digunakan adalah dengan menggunakan wedang jeruk. Disini yang digunakan adalah jenis jeruk nipis. Pertama-tama jeruk dibelah dan dihilangkan isinya. Lalu jeruk diperas dan ditampung dalam gelas. Beri madu atau gula batu untuk pemanisnya. Setelah itu tuangkan air panas ke dalamnya, aduk hingga rata dan minumlah selagi masih hangat.

Demikianlah beberapa obat batuk tradisional yang bisa anda gunakan, selain murah dan banyak dijumapai dipekarangan rumah, obat tradisional biasanya tanpa efek samping. Semoga dengan membaca artikel ini, bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *