Obat Batuk Yang Aman Bagi Buah Hati

By | 3 February 2016

Batuk pilek yang terjadi pada anak pada umumnya di kerenak oleh infeksi, akan tetapi tidak berbahaya dan tidak membutuhkan antibotik, melainkan di saat kondisi tertentu. Bagi para ibu boleh memberikan obat batuk secara bebas tanpa resep dokter, yang di sebut dengan obat over-the-counter (OTC). Akan tetapi ibu lebih baik terlebih dahulu memeriksakan anak kedokter sebelum di berikan obat batuk.

Obat Batuk Yang Aman Bagi Buah Hati

OTC aman bila di gunakan anak yang usianya 4 tahun keatas. Untuk anak yang umurnya masih 4 tahun kebawah pemberian obat harus sesuai denganresep dokter, sebagai mana yang di nyataman oleh The Food and Drug Administration (FDA). Alsan di larang memberikan OTC kepada anak yang di bawah 4 tahun, untuk menghindari efek samping yang serius yang dapat membahayakan anak.

Tips Memlih Obat Batuk Yang Aman

  1. Ibu di larang memberikan anak obat batuk untuk orang yang dewasa.
  2. Ibu boleh membelikan obat batuk dengan tanpa resep dokter bagi anak yang usianya sudah 4 tahun keatas. Sesudah di gunakan tutup botol harus di tutup dengan rapat.
  3. Label komposisi harus di periksa, sebab kandungan yang ada di dalam obat berbeda-beda. Biasanya obat batuk pilek terdiri dari beberapa zat aktif yang membuat turun demam, dekongestan, antihistamin, dan ekpektoran. Bagi anak yang hanya batuk, ibu cukup memberikan obat yang mengandung untuk menurunkan demam, antihistamin, dan ekspektoran.
  4. Harus mengikuti petunjuk di dalm memberikan obat. Salah dam mengguakan obat atau berlebihan akan menimbulkan efek samping yang akan membuat nyawa anak berbahaya, semisal sesak nafas, kejang, denyut jantung meningkat, dan kesadaran menurun.
  5. Jangan menggunakan sentuk takar yang ada di rumah, akan tetapi gunakan senduk takar yang ada di kemasan, kerena dosisi dan ukurannya akan jauh berbeda.
  6. Selalu di ingat obat OTC hanya menguragi gejala batuk, demam, hidung tersumbat, dan pilek, tidak untuk menyembuhkan batuk anak.
  7. Jikan anda bingung memilih obat dan dosis yang tepat lebih baik bertanya kepada dokter atau apoteker.
  8. Priksa kedokter bila batuk anak tampak berat, semisal di sertai demam yang tinggi, peningkatan frekuensi napas, anak tampak lemas.

Itulah cara yang aman untuk memiih obat batuk untuk buah hati anda.Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *