Penyebab Batuk Menjadi Berdarah

By | 6 February 2016

Di dalam ilmu kedokteran batuk berdarah di sebut dengan hemoptisis. Hempotisis berasal dari saluran pernafasan. Biasanya hempotisis menjadi tanda bahwa seseorang mempunyai penyakit yang serius. Selain dari saluran nafas, darah bisa juga keluar dari hidung ataupun dari mulut, Oleh sebab itu sangat penting agar memeriksakan diri kepada dokter agar di ketahui dari mana asal mula darah dan agar di lakukan pengubatan.

Penyebab Batuk Menjadi Berdarah

Di bawah ini ada beberapa penyakit yang bisa menybabkan batuk berdarah.

  1. Tuberkulosis paru atau TBC.
  2. Pneumonia.
  3. Abses paru.
  4. Bronkitis.
  5. Kanker paru.
  6. Gagal jantung kongestif.
  7. Arteriovenous malformations (AVM) di paru.
  8. Abses paru.
  9. Emboli paru.
  10. Trauma paru, seperti luka tembak atau kecelakanaan.

Pemeriksaan Yang Perlu Untuk Di Lakukan

Bagi anda yang menderita batuk berdarah, di bawah ini akan di jelaskan cara menangani batuk berdarah.

Memeriksa Fisik Dan Melakukan Wawancara Medis

Dalam beberapa kasus, dengan melakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis akan membantun dokter untuk membedakan penyebab batuk berdarah, sehingga dokter bisa menentukan pemeriksaan yang akan di lakukan seanjutnya.

Memeriksa Darah

Memeriksa darah semisal untuk mengetahui berapa kadar leukosit atau sel darah merah, trombosoit, dan hemoglobin. Biasanya leukosit akan meningkat pada kasus infeksi. Selain itu, ada kemungkinan dokter juga akan melakukan pemeriksaan pada analisa gas darah dan tes koagulasi atau pembekuan darah.

X- Ray Dada

Dokter akan mengetahui apakah paru anda masih normal, ada infeksi, massa, atau cairan, dengan melakukan pemeriksaan x-rai atau rontgen dada.

CT- scan

CT-scan adalah pemeriksaan radiologi yang lebih spesik, kerena dapat melihat struktur paru dengan lebih detail dan juga dapat menentukan apa yang menyebabkan batuk berdarah.

Cara menghentikan batuk berdarah, pertama-tama harus menghentikan pendarahan, dan seteh itu lalu mengatasi penyebab batuk berdarah. Dokter akan memberikan antibiotik bila mana infeksi yang menyebabkan butuk berdarah. Bila mana kenker yang menyebabkan batuk berdarah, maka terapinya dengan radiasi atau kemoterapi.

Oleh sebab itu bila anda batuk darah segera periksakan dedoker, sekalipun darahnya tidak banyak. Batuk darah biasanya tanda anda memiliki penyakit yang serius dan harus di tangani dengan derius pula.

Itulah beberapa penjelasan tentag batuk darah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *