Pertologan Pertama Pada Orang Yang Kejang-Kejang

By | 27 January 2016

Penting bagi kita mengetahui pertolongan pertama pada orang yang kejang-kejang, agar kita tidak panik, lebih-lebih lagi anda termasuk dari keluarga yang sering kejang-kejang.

Salah satu yang membuat penting mengetahui cara menolong orang kejang adalah agar penderita yang di tolong selamat, kerena salah dalam menangani orang yang kejang akan memperburuk keadaan.

Penyebab Kejang

Ada beberapa yang menyebab kan seseorang mengalami kejang, di antaranya adalah demam yang tinggi, stroke, tumor, infeksi, keracunan atau penggunaan zat tertentu, epilepsi, dan lain sebagainya.

Pertologan Pertama Pada Orang Yang Kejang-Kejang

Beberapa Hal Yang Di Lakukan Saat Anda Mendapati Orang Yang Kejang

  1.   Anda harus menghubungi petugas medis gawat darurat untuk membewa peralatan emergency yang sesuai.
  2. Bila anda mampu hendaknya anda menahan penderita yang kejang agar tidak jatuh, untuk menghindari penderita dari cedera.
  3. Di kala penderita jatuh, hendaknya anda membawa penderita ketempat yang lebih aman. Bila ada benda-benda yang bisa membuat penderita terluka hendaknya di singkirkan.
  4. Hendaknya pakayan penderita di longgarkan, terutama yang di bagian leher.
  5. Penderita hendanya di miringkan kesebelah kiri atau kanan, agar air liur atau muntah ketika keluar tidak masuk kelaluran nafas penderita.
  6. Anda jangan memasukan benda ke mulut penderita, sekalipun anda berniat untuk mencegar lidah penderita dri tergigit.
  7. Tidak perlu menahan tubuh penderita dri kejang-kejang, akan tetapi hendaknya ambilkan bantal agar kepala korban tidak terluka di saat kejang-kejnag.

Siapapun bisa terkena kejang, baik anak-anak ataupun orang yang dewasa. Kejang kebanyakannya akan berhenti dengan sendirinya, Akan tetapi ada kejang yang sampai 15 menit. Dalam kondisi seperti ini penanganan medis secepat mungkin sangan di butuhkan, kerena hal yang demikian adalah tanda bahwa kerusakan yang cukup berat.

Bagi orang yang mempunyai keluarga yang sering kejang, hendaknya ada menyimpan obat anti kejang. Seperti itu juga anak yang sering kejang demam, ibu sesegera mungkin memberi obat penurun panas ketika panas anak mulai meninggi.

Itulah beberapa yang bisa anda lakukan untuk menolong orang yang kejang-kejang. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *