Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Di Sangka Keracunan

By Wardah | 22 October 2017

Keracunan merupak bentuk cedera yang terjadi kerena di sebabkan tidak sengaja tertelan, tersentuh, terhiup atau terinjeksi obat-obatan, racun, gas yang berbahaya untuk tubuh dan cairan kiiawi. Bukan hal yang mustahil berbagai racun ada di sekitar kita, bahkan di dalam benda yang kita anggap biasa, semisal cairan pembersih dan deterjen. Oleh kerena itu penting bagi kita mengetahui pertolongan pertama pada maalah keracunan.

Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Di Sangka Keracunan

Gejal-Gejala Keracunan

  • Kemerahan atau terbakan di sekitar bibir/mulut, dan juga kulit.
  • Nafat terdapat aroma kimiawi, seperti minyak tana atau thineet caat.
  • Mendadak muntah yang dapat mengandung darah.
  • Nyeri pada bagian perut.
  • Sulit dalam bernafas.
  • Kesdaran menurun, tiba-tiba menjadi lemas, bingung, mengantuk, dan tidak sadar diri.
  • Kajeng-kejang.

Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Keracunan

  1. Pindahkan korban kelingkungan yang lebih aman dan dari penyebab korban keracunan, misal pada kasusu keracunan denangan zat berbahaya. Bersihkan secara hati-hati zat yang masih bertahuran di pakayan atau di kulit yang di duga penyebab keracunan. Keluarkan zat yang di sangkan penyebab keracunan bila masih ada di mulut korban, semisal makanan.
  2. Korban segera di bawa ke unit layanan kesehatan gawat darurat.
  3. Patikan korban mendapatkan oksigen yang baik selama perjalanan menuju layanan kesehatan. Bila tabung oksigen tidak ada, longgarkanlah pakaian korban, terutama yang di bagian leher.
  4. Oang yang melakukan pertolongan pertama hendanya memahami Basic Cardiac Life Support (BCLS), suatu pertolongan kehidupan jantung dasar, yakni paham kapan henti jantung terjadi, seperti di tandai oleh detik jantung yang berhenti, dan kapan dia harus memompa jantung dengan menekan jantung korban. Biasanya sebelum memompa jantung terlebih dahulu di berikan napas buatan.
  5. Jangan memasukan minuma atau makanan kemulut korban saat pingkan, kerena akan membuat zat masuk kesaluran nafas dan akan membuat kondisi korban bertambah buruk.
  6. Miringkan kesebelah kiri atau kanan saat korban muntah, agar tidak masuk ke sluran nafas.
  7. Bila anda tahu katakan pada petugan medis bahwa korban keracunan semisal obat-obatan, makanan atau minuman, zat kimiawi, untuk segera di berikan penawar racun secara segera.

Dalam pertolongan pertama pada kasusu keracunan yang sangat di perhatikan adalah oksigen dan penjagaan kondisi jantung korban, kerena  dua hal tersebut akan membuat korban terselamatkan. Penolong juga harus memperhatikan keselamataya.

Itulah penjelasan pertolongan pertama pada orang yang keracunan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *