Rahasia Manfaat dan Khasiat Sirih Merah Untuk Kesehatan

By Wardah | 21 June 2017

Tanaman sirih adalah salah satu tanaman yang banyak memiliki keragaman. Salah satu jenis sirih yang paling populer dikalangan masyarakat adalah enis sirih merah. Sirih jenis ini biasa digunakan sebagai tanaman hias. Selain itu, sirih merah juga dapat digunakan sebagai bahan baku obat tradisional. Tentu hal tersebut karena kandungannya yang banyak memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Apa saja manfaat dan khasiat sirih merah untuk kesehatan kita? berikut akan saya berikan rinciannya.

Manfaat dan khasiat sirih merah yang pertama adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun sirih merah mengandung zat yang mampu mempercepa proses pembekuan darah. Karena itulah, banyak masyarakat yang memanfaatkan daun ini sebagai obat luka. Cara membuat ramuannya adalah dengan mengambil sari daun sirih kemudian mencampurkannya dengan madu. Setelah diaduk rata, bubuhkan diatas luka dan lakukan hingga luka benar-benar sembuh.

Manfaat dan Khasiat Sirih Merah

Manfaat dan khasiat sirih merah yang berikutnya adalah untuk mengatasi mimisan. Jika anda sering mengalami mimisan, anda dapat memanfaatkan daun sirih merah sebagai obatnya. Caranya mudah saja, yaitu dengan menggulung daun sirih merah kemudian memasukkannya kedalam hidung yang mimisan. Biarkan hingga pendarahan berhenti kemudian anda dapat melepas gulungan daun sirih tersebut.

Manfaat dan khasiat sirih merah yang ketiga adalah sebagai obat maag. Maag adalah penyakit yang menyerang organ lambung. Biasanya, terjadi karena pola makan yang tidak terjaga. Jika anda terserang penyakit ini, anda dapat memanfaatkan daun sirih merah sebagai obatnya. Caranya yaitu dengan menumbuk daun sirih merah kemudian beri sedikit air hangat. Setelah itu letakkan di atas bagian perut sebelah kiri.

Manfaat dan khasiat sirih merah berikutnya adalah untuk mengatasi penyakit kulit. Jenis penyakit kulit yang paling cepat da[at diatasi dengan memanfaatkan daun sirih merah adalah gatal-gatal. Jika anda sering merasa gatal-gatal, anda dapat membuat ramuan berbahan daun sirih. Caranya sangat sederhana, pertama-tama ambil 20 lembar daun sirih merah. Setelah itu, cuci hingga bersih. Rebus daun sirih yang sudah dicuci tadi dengan menggunakan air secukupnya. Setelah mendidih, angkat kemudian gunakan air rebusan untuk mandi.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat sirih merah untuk kesehatan yang jarang orang ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *