Resep Obat Batuk Tradisional

By | 27 September 2015

Batuk merupakan salah satu penyakit yang terbilang sangat sering kita alami. Biasanya batuk menyerang disertai dengan pilek dan juga flu. Ketika batuk, kepala biasa terasa pusing dan tenggorokan sangat sakit. Untuk mengobatinya, kita dapat membeli obat yang banyak dijual di apotik. Meski begitu, namun kita masih harus tetap waspada terhadap obat-obatan yang banyak dijual diapotik. Bukan tanpa alasan, akhir-akhir ini memang sangat sering ditemui obat yang dijual dengan kandungan yang tak semestinya. Nah, untuk menghindarinya, ada baiknya jika anda meramu sendiri obat batuk tradisional. Bagaimana caranya? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Resep Obat Batuk Tradisional

Jeruk Nipis

Obat batuk tradisional yang pertama dapat kita buat dengan memanfaatkan buah jeruk nipis. Ambil satu buah jeruk nipis kemudian ambil airnya saja. Campurkan dengan kecap manis secukupnya. Bagi anda yang tidak menyukai kecap manis, anda dapat menggantikannya dengan madu. Minum ramuan ini satu sendok saja setiap pagi, siang dan sore hari.

Jahe

Ramuan berikutnya dapat anda buat dengan memanfaatkan jahe. Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang memberi banyak manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah sebagai bahan obat batuk tradisional. Cara pembuatannya sangatlah sederhana. Anda hanya perlu mengupas jahe kemudian mengirisnya tipis-tipis. Masukkan kedalam gelas dengan sedikit gula. Seduh dengan air mendidih dan minum ketika dalam keadaan hangat. Kandungan dalam jahe akan membuat otot di tenggorokan menjadi lebih rileks dan hangat.

Belimbing Wuluh

Yang ketiga, kita dapat membuatnya dengan memanfaatkan buah belimbing wuluh. Buah yang banyak kita manfaatkan sebagai sayur asam ini ternyata juga dapat diolah menjadi obat tradisional yang sangat ampuh. Caranya sangatlah sederhana. Anda hanya perlu memarut buah belimbing wulu kemudian masukkan kedalam gelas dan berilah sedikit garam. Masukkan air mendidih dan aduk hingga rata. Saring campuran tersebut dan minum air hasil saringan dalam keadaan hangat. Minumlah ramuan tersebut rutin 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

Demikianlah beberapa resep obat batuk tradisional yang dapat anda coba dirumah. Obat-obat diatas sudah terbukti keampuhannya. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *