Saat Menstruasi Waspadalah Kekurangan Zat Besi

By | 5 April 2016

Kekurangan zat besi dikala menstruasi merupakan suatu kondisi yang harus diwaspdai.  kerena tidak sedikit  wanita yang tidak menyadari ternyata mereka rentan mengalami kurang darah dan kurang zat besi akibat mengalami menstruasi.

Saat Menstruasi Waspalah Kekurangan Zat Beri

Kekurangan zat besi dan kekurangan darah sering terjadi kepada wanita yang sedang menstruasi, terutama terhadap wanita yang mengalami periode menstruasi yang berat.

Dengan keluarnya darah saat  menstruasi,  zat besi yang terkandung di dalam darah juga ikut keluar. Bila mana mensturasi berlangsung lama, tentunya akan semakin banyak membuat zat besi terbuang.

Zat besi adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat hemoglobin atau sel darah merah. Fungsi hemoglobin adalah untuk membawa oksigen ke jaringan-jaringan yang ada di seluruh tubuh. Pembentukan hemoglobin akan terganggu bilama mana tubuh kekurangan zat besi.

Mengkonsumsi zat besi yang dianjurkan dalam sehari  sebanyak 60 mg. Sedangkan hemoglobin darah yang normal sebesar 12 gr%. Bia mana kadar hemoglobin di bawah nilai tersebut,  maka anda akan mengalami anemia atau kekurangan darah. Salah satu cara agar kadar  hemoglobin normal adalah dengan cukup  mengkonsumsi zat besi yang di peroleh dari asupan makanan dan suplemen.

Di bawah ini ada beberapa gejala yang di timbukan kerena kekurangan darah yang di akibatkan menstruasi:

  1. Wajah dan telapak tangan anda akan menjadi lebih pucat.
  2. Badan tidak fit dan merasa lemas.
  3. Kekuatan otot berkurang.
  4. Kepala menjadi sakit atau pusing.
  5. Mengalami penurunan kognitif serta terjadinya penurunan konsentrasi.

Anda bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi mengandung zat besi saat menstruasi untuk menghindari terjadinya kekurangan zat besi, seperti kedelai, telur, bayam, paprika, brokoli, kacang-kacangan, mangga dan jeruk.

Selain yang demikiana, Anda juga bisa menggunakan suplemen untuk menghindari terjadinya Anemia yang mungkin terjadi di saat menstruasi. Selain itu, suplemen yang anda gunakan  juga harus memiliki tingkat keamanan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Itulah beberpa penjelasan tentang kekurangan zat beri saat menstruasi. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *