seputar tentang fakta dahak

By | 6 March 2016

Dalam dunia kedokteran dahak atau lender di sebut dengan mukus. Sebenarnya mukus atau dahak termasuk bagian penting dari tubuh. Bagian tubuh yang memprodoksi lender adalah hidung, mulut, paru-paru, sinus, dan saluran cerna. Di bawah ini adalah kegunaanya.

  • Agar saluran cerna atau saluran nafas tetap dalam keadaan lembab dan tidak kering.
  • Menangkal debu, bakteri, dan benda agar tidak masuk kedalam saluran napas.
  • Dahak atau mukus mengandung akan.

o    Antibodi yang berguna untuk melawan bakteri/virus.

o    Protein yang berguna untuk membuat lendir lengket.

o    Enzim yang berguna untuk membunuh benda asing.

seputar tentang fakta dahak

Kapankah Kita Memprokksi Lender Dalam Jumlah Banyak?

Tubuh akan memprodoksi lender setip harnya sebanyak 1-1,5 liter, sekalipun tubuh kita adalam keadaan sehat. Saluran napas yang paling banyak memprodoksi lender dan lender akan turun dengan melalui tenggorokan. Orang sering tidak sadar kalau lender turun melalui tenggorokan, melainkan lender berbentuk lebih kental. Dan kita secara spontan ingin mengeluarkan lender bila mana lender berbentuk kental.

Ada sebahagian orang memang mempunyai lendir lebih kental, terutama bagi orang yang mempunyai alergi. Selain yang demikian, mengkonsumsi makanan pedas dan meminim susu juga dapat menjadikan tubuh lebih banyak memprodoksi lender.

Pastikah Dahak Berwarna Hijau Merupakan Infeksi

Mungkin sering di dengar bila mana dahak berwarna kuning atau berwarna hijau pasti pertanda adanya infeksi yang di kerenakan bakteri. Dan ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sistim imun tubuh akan mengeluarkan etrofil atau sel darah putih ketika seseorang mengalami flu. Netrofil ada mengandung enzim berarna kehijauan, dan bila mana jumlahnya sangat banyak akan menejadikan dahak berwarna kehijauan.

Cara Mengurangi Lender Attau Dahak

Di saat sehat anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan agar lender berkurang, kerena keadaan tersebut normal.  Dokter akan memberi anda obat yang mengandung dekongestan dan anti-histamin ketika anda menderita flu, batuk. atau sinusitis.

Anti-histamin barguna untuk menghambat kerja histamine. Histamine adalah substansi yang akan memicu reaksi alergi dan yang menyebabkan bengkak pada jaringan hidung dan pilek. Anda bisa menggunakan obat yang mengandung bromhexine atau yang mengandung guaifenesin bila mana batuk anda berdahak, agar lender yang keluar berkuar bisa berkurang. Bila hidung tersumbat, anda bisa menggunakan dekongestan.

Itulah beberapapenjelasan tentang fakta unik seputar dahak. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *