Siapa Sih Yang Mau Tulang Keropos Di Saat Tua

By | 30 July 2016

Wahai sobat, tahukah kalian apa itu tulang keropos? Tulang keropos adalah suatu penyakit yang biasanya di tandai dengan penurunan kepadatan tulang sehingga membuat tulang mudah patah.

Tahukah kalian sobat? Ternyata perempuan  lebih rentan mengalami tulang keropos di banding laki-laki, terutama setelah ia mengalami menopause.

Setelah kita tahu penyakit tulang keropos, selanjutnya kita membicarakan cara mencegah terjadinya tulang keropos. Tentunya kita tidak maukan di usia yang sangat mudah sudah mempunyai tulang yang mudah pata hehehehehe.

Siapa Sih Yang Mau Tulang Keropos Di Saat Tua

Sobat, ada 2 usaha dalam mencegah terjadinya tulang keropos:

  1. Memaksimalkan massa atau kepadatan tulang pada semua kelompok usia dan jenis kelamin.
  2. Menghindari hal-hal yang membuat tulang cedera pada usia lanjut.

Sobat bisa melakukan 3 hal di bawah ini untuk memaksimalkan massa tulang

  1. Memaksimalkan angka kepadatan puncak tuang (peak bone massa) bila mana masih bisa di tingkatkan.
  2. Tunda timbulnya pengeroposan tulang.
  3. Perlambat kecepatan keroposnya tulang.

Sobat, di saat kita masih muda tulang lebih banyak membentuk sel baru di banding kehilangan sel tulang, sehingga membuat tulang kita semakin padat dan kuat. Di saat umur kita 25-30 tahun, tercapailah sudah puncak kepadatan tulang kita.

Namun setelah umur kita melewati 30 tahun, kepadatan tulang kita juga ikut menurun. Oleh kerena itu, untuk menghindari terjadi tulang keropos di waktu dini adalah dengan melakukan hidup sehat di  saat muda, sehingga tercapai puncak kepadatan tulang yang baik, kerena semakin tinggi puncak yang di capai semakin besar pula perlindungan diri dari mengalami tulang keroos.

Di bawah ini ada beberapa yang bisa sobat lakukan untuk mencapai puncak massa tulang yang tinggi sehingga dapat  menuntuda terjadinya tulang keropos:

  1. Teratur berolahraga.
  2. Diet yang seimbang, kaya akan kalsium dan vitamin D.
  3. Mendapatka paparan sinar matahari yang cukup, lkhususnya di pagi hari di bawah jam 09.00.
  4. Jangan merokok, alkohol, dan batasi konsumsi kafein.

Itulah beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk menghindari mengalami tulang keropos di waktu dini. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *