Susu UTH Atau Susu Formola Bagi Anak Yang Sudah Lepas ASI

By Wardah | 20 March 2016

Bagi bayi makanan yang paling terbaik sampai usianya mencapai 6 bulan adalah ASI. Setelah 6 bulan ibu bisa meneruskan sampai 2 tahu memberikan anaknya ASI atau lebih dari itu. Mengapa ASI menjadi makanan yang paling terbaik?

Komposisi nutrisi dan bioaktif yang terkandung di dalam ASI sangat di berguna untuk pembentukan daya tahan tubuh dan untuk kesehatan bayi. ASI juga mengandung bahan komponen antiinfeksi, prebiotik, antiradang, dan zat untuk pertumbuhan bayi. Selain yang demikian, nutrisi yang ada pada ASI juga dinamis, yang artinya kandungan nutrisinya akan berubah-ubah, kerenak menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anak seiring dengan pertumbuhannya.

Susu UTH Atau Susu Formola Bagi Anak Yang Sudah Lepas ASI

Setelah bayi berumur 6 bulan di anjurkan agar bayi mengkonsumsi makanan padat untuk mendampingi ASI. Menurut IDAI anak bisa di berikan susu tambahan untuk asupan tambahan bila mana anak sudah berusia 2 tahun. Namun bisa juga susu pengganti ASI di berikan sebelum usia bayi 2 tahun, akan tetapi harus dengan rekomendasi dari dokter terlebih dahulu, kerena selain Kandungan ASI yang paling baik, susu sapi juga bisa membuat anak alergi.

Perbedaan, susu UHT, susu bubuk, dan susu pasteurisasi

Susu UHT (Ultra High Termometer), susu bubuk, dan , pasteurisasi  adalah suara cara untuk mengawikan susu dan menghilangkan kuman dan juga mikroba yang ada di dalam susu. Susu UHT di proses dengan suhu tinggi sekitar 135 °C selama 1-2 detik. Susu bubuk di proses denagn pemanasan sehingga membuat kandungan air pada susu lebih sedikit. Sedangan susu pasteurisasi di proses dengan susu tinggi, namun dengan waktu yang singkat. Suhunya ialah 75°C selama 15 detik.

Susu UHT dan susu pasteurisasi pada umumnya mempunyai kalsium dan kalori yang sama. Namun asam folat dan vitamin yang terkandung di dalam susu pasteurisasi lebih tinggi di banding dengan susu UHT. Dan pada susu bubuk lebih banyak terjadi krusakan vitamin dan protein. Oleh kerena itu beberapa susu UHT dan susu bubukan menambahkan nutrien di dalam kemasannya, seperti vitamin, untuk mengganti vitamin yang hilang kerena proses pengawetan.

Di bandingkan susu pasteurisasi, susu UHT dan susu bubuk lebih tahan lama di simpan sebelum di konsumsi. Susus bubuk yang lebih tahan lama di simpan, kerena susu bubuk mempunyai kadar air yang sangat rendah.

Itulah bebepara penjelasan tentang susu uth atau susu formola bagi anak yang sudah lepas asi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *