Tanda Bahaya Saat Bayi Sakit

By Wardah | 11 February 2016

Mengetahui tanda-tanda bahaya ketika bayi sakit akan membuat anda lebih mudah untuk memberikan pengobatan yang tepat untuk bayi. Di bawah ini ada beberapa tanda yang harus di waspadai bila di dapat saat bayi sakit.

Bibir Menjadi Biru

Bibir bayi menjadi biru, atau selaput di dalam mulut menjadi biru, ini  merupakan tanda bahwa bayi kekurangan oksigen. Keadaaan semacam ini di sebut sianosis, dan bisa membahayakan nyawa bayi. Segeralah mencari bantuan medis bila mana bayi anda mengalami hal yang demikian.

Tanda Bahaya Saat Bayi Sakit

Demam Yang Tinggi

Bila bayi anda baru berumur kurang dari 3 bulan, dan mengalami demam lebih dari  38oC, segeralah anda mencari bantuan mides untuk menolong bayi anda. Bisa jadi demam tinggi merupakan tanda adanya infeksi, mulai dari flu sampai radang selaput otak. Bila hal ini di derita bayi muda, ibu harus mencari bantuan untuk di tangani lebih serius.

Kulit Menjadi Kuning

Kulit bayi dari hari kehari semakin kuning setelah di lahirkan, hal ini bisa jadi tanda Jaundice. Jaundice merupakan kondiri yang mana kadar bilirubin di dalam darah sangat tinggi. Dalam satu keadaan Jaundice bisa di katakan normal, akan tetapi bila semakin hari semakin memburuk, hal ini harus di tangani oleh ahli medis professional yang berkompeten.

Dehidrasi

Anda harus waspada terhadap dehidrasi bila mana diaper bayi tidak terpenuhi. Saat bayi berumur satu hari, setidaknya satu diaper yang penuh dalam satu hari, di saat umur bayi dua hari, dua diaper harus penuh, dan sampai enam diaper di kala usia bayi enam hari. Dehidrasi bisa juga di tandai dengan bola mata cekung, mulut bayi kering, dan bayi terlhat lemas. Yang harus anda lakukan adalah selalu memberi ASI sebanyak mungkin dan sambil meminta bantuan medis.

Muntah Berwarna Hijau

Ketika bayi batuk, menangis yang sangat hebat, dan terlalu banyak menyusu, seringkali membuat bayi muntah. Anda harus waspada bila muntah bayi berwarna hijau, kerena hal tersebut tanda ada sumbatan di saluran pencernaan bayi. Sedangkan muntah yang berwarna hitam adalah tanda adanya perdarahan di saluran cerna bayi. Bayi muntah kerena kepala bayi terbentur juga harus di waspadai, kerena bisa jadi rongga kepala bayi mengalami pendarahan. Sekian dan semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *