Ternyata Anak-Anak Juga Bisa Maag, Inilah Penyebabnya

By | 2 September 2016

Mungkin hal ini sedikit orang yang mengetahuinya. Banyk orang beranggapan hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami maag. Akan tetapai, maag bukan hanya menyerang orang dewasa, anak-anakpun bisa mengalami penyakit ini.

 

Ternyata Anak-Anak Juga Bisa Maag, Inilah Penyebabnya

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Maag Pada Anak

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebakabkan anak menderita maag:

  1. Pola makan yang tidak teratur
  2. Efek samping dari obat-obatan.
  3. Efek dari radioterapi.
  4. Kerena makanan yang dapat membuat lambung iritasi, seperti makanan pedas, makanan asam, teh, kopi atau soft drink
  5. Infeksi Helicobacter pylori.

Umumnya gejala maag yang di derita anak tidak jauh berbeda dengan gejala maag yang di derita orang dewasa, seperti rasa kembung, nyeri di bagian ulu hati, dan pada sebagian kasusu ada juga yang di sertai muntah-muntah.

Seringkali anak tidak bisa tidur dengan nyenyak kerena rasa nyeri akibat maag. Bila mana nyeri ini terjadi sampai berbulan-bulan, pada umumnya hal ini di sebabkan adanya infeksi bakteri.

Umumnya dokter akan memberikan tata laksana berupa antibiotik dan obat untuk anak yang terkena maag akibat infeksi bakteri, hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala yang dirasakan anak selama 1-2 minggu.

Setelah anak menjalani pengobatan dan kondisi anak mulai membaik, biasanya dokter akan memperingati agar anak mengurangi meminum minuman yang bersoda, makanan asam atau makanan pedas secara berlebihan, serta dokter akan menyarankan agar anak memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, hal ini bertujuan agar keluhan yang di rasakan anak tidak kembali lagi.

Inilah beberapa penjelasan penyebab maag pada anak dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya tulisan ini kita lebih  sadar bahwa kesehatan buah hati kita sangat penting untuk di pelihara, kerena memlihara itu lebih mudah dari pada mengobatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *