Ternyata Berbahaya Mencuci Telur Sebelum Di Simpan

By | 23 March 2016

Behati-hatilah bila mana anda termasuk orang yang sebelum menyimpan telur kelemasi es mencucinya terlebih dahulu, kerena beberapa sumber telah menyebutkan, risiko masuknya Salmonella meningkat dengan melakukan mencuci telur sebelum di simpan. Salmonella adalah bekteri yang menyebabkan demam tifoid ke pada manusia.

Telur secara alami bisa terhindar dari berbagai kuman, kerena telur memiliki selapun tipis yang melapisi cangkang luar. Guna selaput adalah untuk menutupi pori-pori agar Salmonella atau kuman yang lain  yang berada di lapian tuar telur bisa masuk kedalamnya.

Ternyata Berbahaya Mencuci Telur Sebelum Di Simpan

Selaput tersebut akan rusak bilamana telur di cuci, sehingga pori-pori telur akan terbuka, dan Salmonella bisa terbawa masuk kedalam telur, kerena pori-pori telah terbuka. Bakteri tersebut akan berkembang dengan baik, kerena telur mengandung nutrisi yang sangat di sukai bakteri tersebut.

Cara Agar Kuman Yang Ada Pada Telur Tidak Menginfekasikan Diri Kita

Center for Disease Control and Prevention telah menyebutkan cara untuk menghindari infeksi Salmonella.

  1. Simpanlah telur di lemari pendingin dengan suhu yang di bawah 4o c. Menaruh telur di dalam kulkas dan di dalam wadah yang tertutup rapat, jangan menaruhnya di bagian pintu kulkas, agar susunya tetap terjaga dengan stabil.
  2. Bila cangkang telur pecah dan rusak, segeralah di buang.
  3. Cucilah tanga dan peralatan yang di gunakan untuk menyimpan telur dengan sabun bila mana anda sudah menggunakannya.
  4. Jangan mengkonsumsi telur yang setengah matang.
  5. Jangn membiarkan telur yang sudah di masak tidak di makan lebih dari 2 jam.
  6. Telur yang belum di masak dan makanan yang mengandung telur hendaknya segera di simpan di dalam lemari es.

Sekalipun menyimpan telur di lemari pendingin, bilamana terlalu lama juga membahayakan. Akan tetapi hendaknya telur di gunakan sebelum 4-5 minggu dari waktu awal di simpan.

Itulah beberapa penjelasan dan urayan tentang ternyata berbahaya menyuci telur sebelum di simpan. Sekian dan semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *