Vitamin Dan Suplemen Untuk Mencegah Anemia

By Wardah | 6 April 2016

Kurang darah atau anemia merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi. Kerena anemia bisa terjadi baik pada laki-laki ataupun perempuan di semua usia. Akan tetapi perempuan mempunyai risiko yang lebih tinggi mengalami anemia, Terutama perempuan yang lagi hamil atau menstruasi.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami anemia. Sedangkan faktor yang paling sering membuat orang mengalami anemia adalah asupan makanan yang tidak adekuat. Bisa juga yang menjadi penyebab anemia kerena suatu penyakita atau kondisi medis tertentu.

Untuk dapat menghindari hal tersebut para pemilik anemia biasanya perlu mengonsumsi vitamin atau suplemen  yang cukup supaya dapat membantu mencegah terjadinya anemia. Berikut beberapa suplemen atau vitamin yang penting bagi penderita  anemia:

Vitamin Dan Supleme Untuk Mencegah Anemia

Suplemen Zat Besi

Guna zat besi adalah untuk membentul sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh anda.  Anda direkomendasikan mengkonsumsi Zat besi dalam sehari sebanyak 60-90 mg. Di harapkan dengan cukup mengkonsumsi zat besi pembentukan hemoglobin bisa terjaga dengan baik sehingga tidak menimbulkan anemia.

Suplemen Asam Folat

Kegunaan asam folat adalah  untuk mengoptimalkan absorpsi zat besi oleh tubuh.  Tubuh dapat mengalami anemia megaloblastik bila mana kekurangan asam folat. Anda direkomendasikan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400-800perhari.

Vitamin B12

Bila mana anda tidak cukup mengkonsumsi asupan vitamin B12, di khawatirkan tubuh akan mengalami anemia yang di kerenakan gangguan pada absorpsi zat besi dan gangguan pada pembentukan sel darah merah. Anda direkomendasikan mengkonsumsi vitamin B12 dalam sebanyak 1000 mcg perhari.

Vitamin C

Kegunaan vitamin C adalah untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh agar kadar zat besi di dalam tubuh tetap dalam kadar normal. Anda direkomendasikan mengkonsumsi vitami C sebanyak 1500 mg perhari.

Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B6

Sebuah penelitian menyatakan vitamin A, vitamin E, vitamin B6 dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh, dan menjaga agar kondisi hemoglobin tetap dalam keadaan normal di dalam tubuh.

Itulah beberapa penjelasan tetntang vitamin dan supleme untuk anemia. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *